Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Blog Challenge

Travelblog.id : Akulturasi Blog dan Vlog Travel

Website travel blog dengan postingan blog saja sih sudah biasa. Tapi bagaimana bila ada website yang menyediakan postingan blog khusus tentang travel, kuliner, seni budaya sekaligus dengan video blognya serta bisa dapat hadiah? TravelBlog.id jawabannya.

ASAL MULA TRAVELBLOG.ID

logo TravelBlog.id

TravelBlog.id merupakan wadah para traveller atau pecinta wisata untuk menuliskan pengalaman-pengalaman seru mereka sehingga traveller dapat memberi berbagai informasi mengenai hal-hal berbau travelling seperti tips, info, review lokasi wisata, tempat wisata menarik, kuliner dan hal lain kepada sesama traveller atau masyarakat lain yang membutuhkan informasi mengenai wisata secara online dan gratis.

TravelBlog.id berdiri tahun 2014. Latar belakang berdirinya TravelBlog.id ini awalnya merupakan blog pribadi dari kontributor Microwendy, yang menulis tentang wisata berikut tentang segala hal yang berhubungan tentang wisata seperti cerita perjalanan, kesenian, penginapan dan kuliner. TravelBlog.id berdiri dengan tujuan ingin berkontribusi langsung dalam memajukan wisata Indonesia karena Indonesia adalah negara yang sangat indah dan memiliki banyak destinasi wisata yang eksotis, serta memiliki beragam suku dan budaya. Sehingga melalui TravelBlog.id secara tidak langsung dapat memajukan wisata di Indonesia dalam skala nasional.

Selain dapat memajukan wisata Indonesia, TravelBlog.id hadir di tengah pecinta travelling, agar dapat saling meningkatkan bonding antar individu dengan menceritakan perjalanan melalui vlog bersama keluarga atau sesama traveller. Para traveller juga dapat menambah pengalaman baru serta wawasan mengenai public speaking, editing video, photography, serta hal lain seputar IT. Oleh sebab itulah TravelBlog.id di tahun 2018 ini berganti menjadi blog terbuka, from private to public, agar para sesama traveller atau masyarakat lain yang ingin mengetahui rekomendasi destinasi wisata dapat secara langsung mengakses blog serta video hanya dengan satu web saja, TravelBlog.id. TravelBlog.id saat ini dioperasikan oleh individu yang bekerja sebagai administrator dan editor. Jadi buat kamu para traveller, bisa banget loh share pengalaman menarik kamu waktu travelling di TravelBlog.id ini berupa artikel atau video. Dengan mendaftar dan menulis artikel secara gratis, kamu otomatis langsung menjadi kontributor di TravelBlog.id.

FITUR TRAVELBLOG.ID

Apa sih isi dari TravelBlog.id ini? Banyak gaess.. di TravelBlog.id ini ada beberapa menu buat kamu yang hanya berkunjung ke web atau memposting artikel di web ini.

tampilan TravelBlog.id

Dalam TravelBlog.id ada menu Jalan-Jalan, Kuliner, Tips dan Info, Seni-Budaya, Panduan, dan Sign in.

Jalan-Jalan

Jalan-Jalan TravelBlog.id

Terdapat 100 lebih artikel pengalaman traveller di sini, yang sudah ditulis oleh para kontributor sejak tahun 2014. Menu jalan-jalan ini asyik banget dibaca buat kamu yang pingin blog walking destinasi wisata, karena wisata yang ditulis oleh para traveller nggak melulu wisata hitz yang ada di televisi, tapi ada juga wisata baru lainnya yang barangkali tidak terlalu terjamah oleh para wisatawan lokal. Menelusuri Menu Jalan-Jalan TravelBlog.id ini menambah wawasan bagi saya mengenai destinasi wisata Indonesia.

Kuliner

Kuliner TravelBlog.id

Buat yang suka kuliner, wajib banget masuk di menu ini. Di sini kamu bisa menemukan beragam kuliner Indonesia yang unik dan pastinya menggugah selera. Ada beberapa artikel kuliner yang menarik hati saya, tentang Gami Bawis Bontang dan Gudeg Lumintu Jember! Bontang adalah tanah kelahiran saya dan Jember adalah kota tempat saya menuntut ilmu 😀 So, jadi saya agak amazed ketemu artikel membahas dua kota itu yang jarang banget diexpose orang 😀

artikel Kuliner TravelBlog.id

Tips dan Info

Nah, buat kamu yang pingin banyak tau info mengenai travelling, atau perlengkapan yang mendukung kamu untuk membuat video (vlog) travellingmu, kamu bisa pilih menu tips dan info. Di sana banyak tersedia artikel dan video mengenai travelling, jadi nggak susah-susah lagi buat nyari yang kamu butuhkan.

Seni dan Budaya

Seni dan Budaya ini juga berisi tentang beragam kesenian Indonesia. Sayangnya, belum banyak kontributor yang menulis tentang seni dan budaya ini. Hanya ada dua artikel tersemat di sini.

Panduan

Buat kamu yang ingin ‘menyumbang’ tulisan di TravelBlog.id, bisa membaca panduan di menu ini yang berisi tentang ketentuan membuat artikel, terms of service, privacy policy dan disclaimer. Ketentuan yang paling umum adalah tulisan tidak mengandung unsur seksualitas dan SARA.

Reward Poin

Hal yang berbeda dari TravelBlog.id dengan web blog lainnya adalah adanya perolehan poin dari setiap tulisan yang dipublikasikan di TravelBlog.id. Poin-poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik yang ditawarkan oleh TravelBlog.id. Jadi poin ini semacam ‘imbalan’ buat para kontributor yang tulisannya berhasil melewati tahap review oleh tim editor dari TravelBlog.id. Penambahan poin di setiap artikel yang berhasil diterbitkan akan mendapat poin sejumlah +50 poin dan untuk video yang berhasil diterbitkan akan memperoleh poin sebanyak +40 poin. Semakin banyak kontributor menerbitkan artikel di TravelBlog.id, maka semakin banyak poin yang diperoleh maka kontributor dapat memperoleh hadiah yang besar pula. Hadiahnya apa aja? Banyak beeeb, yang pasti hadiahnya sangat berhubungan dengan kamu yang hobi travelling. Ada hammock, sleeping bag, Eiger Watch, woow, nggak main-main kan hadiahnya.

http://www.travelblog.id/hadiah/

BAGAIMANA MENJADI KONTRIBUTOR

Buat kamu yang tertarik menjadi kontributor di TravelBlog.id caranya gampang banget. Kamu cukup mendaftarkan data diri kamu di menu Sign in, kemudian tinggal ikuti saja petunjuknya. Nah, setelah kamu mendaftar, kamu akan melihat tampilan seperti ini :

contoh tampilan Sign in saya

Kamu bisa liat sebelah kanan atas, saat pertama kali mendaftar, otomatis kamu berada di level kontributor. Kamu bisa langsung menulis artikel travelling atau membagikan videomu di situ. Dalam laman user itu juga ada beberapa menu tentang poin, termasuk cara redeem poin dan ketentuan mendapat poin beserta peraturan pengurangan poin apabila terjadi pelanggaran.

tampilan penulisan artikel

Tampilan untuk kontributor menulis artikel juga simple banget sehingga memudahkan kontributor dalam mengoperasikan TravelBlog.id.

tampilan upload video TravelBlog.id
kamu bisa input foto dan caption mengenai vlog kamu juga di sini

Tampilan untuk input video di TravelBlog.id juga gampang banget. Kamu tinggal memasukkan alamat link URL dari Youtube kamu. Selanjutnya kamu dapat menulis tentang isi video kamu beserta foto-fotonya. That’s why saya bilang kalau TravelBlog.id ini merupakan akulturasi atau perpaduan vlog dan blog menjadi satu kesatuan utuh (eaaaa). Berbeda apabila penulis menulis dan menginput video di blog pribadi ada terkendala ukuran space penyimpanan di blog yang sangat terbatas apabila tidak mengubah blog menjadi blog premium.

penjelasan tentang poin

Dalam laman untuk kontributor juga ada penjelasan detail mengenai poin, cara mendapat poin, penambahan poin dan aturan apabila ada pelanggaran poin.

artikel dengan maps

Yang berbeda dari TravelBlog.id ini adalah kontributor dapat menambah maps lokasi daerah wisata yang ditulis sehingga informasi yang didapat menjadi lebih akurat sehingga memudahkan pembaca dan pembaca tidak mengira-ngira di mana letak lokasi wisata tersebut.

TAMPILAN WEB TRAVELBLOG.ID

Tampilan web TravelBlog.id ini sangat simple dan sangat mudah dioperasikan. Pengunjung atau kontributor tidak terlalu repot-repot mencari dan menulis artikel yang diinginkan. Ada banner promosi Poin juga yang membuat pengunjung menjadi penasaran dengan poin apa yang dimaksud sehingga menarik para traveller untuk ikut serta menjadi kontributor di TravelBlog.id.


Dalam web TravelBlog.id juga terdapat kolom Kontributor. Pengunjung atau kontributor lain bisa tau siapa saja para penulis artikel tersebut. Tak menutup kemungkinan juga pengunjung atau para pecinta travelling dapat langsung berkenalan dengan mereka melalui informasi pribadi seperti akun instagram, Facebook atau Twitter sehingga dapat saling bersinergi untuk sama-sama memajukan wisata Indonesia.

Terakhir, laman TravelBlog.id ini ada informasi lain seperti instagram, Twitter, Facebook dan You Tube dari TravelBlog.id sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk mem-follow untuk mengikuti kegiatan atau event apa yang diadakan oleh TravelBlog.id.

KELEBIHAN TRAVELBLOG.ID

Kelebihan dari TravelBlog.id bagi pengunjung :

  • Kamu bisa dengan mudah menemukan artikel atau video para traveller lain karena tampilannya yang simple dan sederhana secara gratis
  • Kamu bisa menemukan artikel atau video traveller lain secara khusus mengenai wisata saja di TravelBlog.id, di mana banyak akun pribadi seperti instagram, Youtube atau blog influencer lain terkesan ‘tercampur aduk’ dengan tema lain di luar pariwisata
  • Kamu dapat melihat maps lokasi wisata secara akurat di setiap artikel
  • Dapat menambah wawasan tentang wisata Indonesia lain yang mungkin belum diketahui

Kelebihan dari TravelBlog.id bagi kontributor :

  • Kamu bisa memposting langsung artikel atau video perjalanan kamu tanpa ribet
  • Kamu bisa mengupload video dari link Youtube kamu ke TravelBlog.id dan kamu dapat menulis penjelasan video tersebut tanpa terkendala ruang penyimpanan terbatas seperti di blog pribadi
  • Kamu dapat mencantumkan maps lokasi wisata secara akurat agar pengunjung mengetahui detail lokasi wisata dan tidak mengira-ngira di mana lokasi tersebut
  • TravelBlog.id memiliki kebijakan hak cipta di setiap artikel yang ditulis oleh kontributor
  • Secara tidak langsung, dengan mempromosikan destinasi wisata atau kuliner melalui tulisan atau video, kontributor ikut memajukan pariwisata di Indonesia
  • Dapat menambah teman sesama traveller agar bisa saling silaturahmi baik secara online atau offline dengan saling mengunjungi di akun pribadi yang tertera di informasi kontributor tersebut
  • Ada sejumlah poin apabila kamu berhasil menerbitkan satu artikel dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Wow tentunya bikin kamu semangat untuk terus berkontribusi dalam menulis di TravelBlog.id

MANFAAT TRAVELBLOG.ID

  • Membantu pengunjung untuk menemukan referensi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi
  • Memberikan informasi lain mengenai travelling dan wisata karena ada menu tips dan info khusus travelling seperti tips travelling low budget, tips liburan murah, dll

Yakin nggak mau ikut jadi Kontributor ?? Yuk Ketik Ceritamu di TravelBlog.id, kumpulkan poin sebanyak-banyak dan dapatkan hadiahnya ! 🙂

Info

Website TravelBlog. id : http://www.travelblog.id/

Instagram : TravelBlog.id

Twitter : @travelblogind

FB : @travelblogid

Youtube : @travelblogindonesia

Ps : Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti event TravelBlog.id.

Salam,

Anggi, Desember 2018

instagram : @anggi.octvn

Stay at Home Mom, Love Poem Email : anggioctvn@gmail.com

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas