Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Blog Challenge

Taklukkan Tantangan Menulismu dengan SETIP

“Tantangan terbesar adalah menaklukkan diri sendiri”. Pernah mendengar motivasi itu kan? Benar, tantangan terbesar bukan melawan orang lain, menjadi selangkah lebih maju dari orang lain. Bahwa tantangan terbesar adalah melawan sifat negatif dari dalam diri sendiri. Kemalasan yang berujung kebodohan, sifat minder dan kurang bekerja cerdas, serta hanya menikmati rutinitas yang sama setiap hari tanpa ada kemajuan sedikitpun. Jalan di tempat dan tidak mempunyai motivasi.

Apa itu Setip

Apa yang terlintas di pikiranmu dengan kata ‘Setip’? Penghapus? 😀 Nama lain penghapus adalah Setip 😀 Barangkali begitu tujuan dari dibukanya tantangan menulis dari Estrilook Communty ini adalah menghapus kemalasan dalam menulis. SETIP adalah singkatan dari Seminggu Tiga Postingan yang akan dilaksanakan dalam 3 bulan, yakni mulai Senin 4 Februari 2019 – 30 April 2019.

Selayang Pandang Estrilook Community

Estrilook Community adalah salah satu website yang memberikan segala informasi menarik, kreatif dan inspiratif khususnya para wanita di Indonesia. Selain menyajikan informasi, kita bisa juga ikut berkontribusi dalam menulis artikel di Estrilook ini.

Estri berasal dari bahasa Jawa yang artinya perempuan. Sedangkan Look seperti kamu tahu itu berasal dari bahasa Inggris. Estrilook berarti karya atau tulisan yang dibuat dari sudut pandang seorang wanita atau perempuan dan diperuntukkan juga bagi perempuan.

Estrilook.com akan memberikan fee setiap kali artikel kita yang terbit dan akan dikirimkan langsung ke rekening kita setelah mencapai saldo minimum Rp. 50.000 . Websitenya menarik, dengan logo bernuansa pink yang menjadi warna ciri khas perempuan yang feminin dan energik.

Founder Estrilook Community adalah Mbak Muyassaroh, Penulis buku “Rahasia dalam Semangkuk Sup”. Sebelum challenge Setip ini, Estrilook ternyata juga membuat challenge ODOP (one day one posting) bulan Januari lalu.

Alasan Ikut SETIP

  • Mewujudkan Resolusi Menulis 2019

Alhamdulillah tahun 2019 ini saya memang punya resolusi untuk memperbaiki blog dan mengasah kemampuan menulis saya dengan menulis serta membaca. Alhamdulillah selalu ada jalan menuju Roma. Saya banyak ‘bertemu’ dengan blog challenge. Setip ini adalah kali ketiga kesertaan saya mengikuti berbagai blog challenge sejak bulan Desember 2018 lalu. Bulan Desember 2018 lalu saya turut serta dalam 30 Day Blog Challenge dari Blogger Perempuan. Bulan Januari lalu saya ikut serta juga dalam 10 Days Blog Challenge yang diadakan oleh salah satu blogger Makassar, Ainhy Eidelweis. Dan bulan Februari ini saya berniat juga untuk mengikuti blog challenge dari Estrilook Community ini.

  • Belajar Membuat Postingan Terjadwal

Saya memang memiliki target untuk memposting 15 artikel minimal dalam satu bulan. Challenge dari Setip ini setidaknya menjadi ‘alarm’ saya untuk tetap konsisten pada ‘koridor’ saya, pada target blog saya. Jadwal memposting di Setip ini adalah setiap Senin, Rabu, Jumat. Saya sudah menjadwalkan sendiri untuk blog saya ini :

Senin tentang Life (family, friends, pregnancy, child life, romance, holiday, blogging dll tentang hidup saya), Rabu tentang Histori karena saya punya latar belakang pendidikan sejarah. Saya hanya ingin mencoba berbagi artikel sejarah. Hari Jumat tentang Review ada review produk kecantikan yang saya pakai, review film, buku atau drama Korea. Bonus hari Sabtu tentang Tips dan Minggu free tema bisa untuk menulis puisi, prosa atau sajak. Nah kalau ada tema yang sekiranya agak sulit saya tulis, saya mengganti tema lain, misal ya untuk sejarah kan butuh banyak literasi dan penelitian panjang tuh, nah saya coba untuk mengganti tema Free di hari Minggu untuk maju di hari Rabu 🙂 Yang penting bisa konsisten dulu Seminggu tiga postingan 😀 Nggak harus Youtuber kan yang punya jadwal tayang ? Blogger juga punya 😀

hazeeeegh
  • Mengasah Kemampuan Menulis

Ikut berbagai challenge bisa mengasah kemampuan menulis saya. Bagaimana cara menulis secara runut, belajar apa topik yang disenangi orang, dan sekaligus mendalami seluk beluk blog yang masih sedikit saya cerna. Semua harus dilatih ibarat pisau yang diasah akan semakin tajam.

  • Belajar Konsisten

“Konsistensi adalah koentji” .

Bulan Januari lalu saya belum bisa genap memposting 15 judul. Dan ide mempostingpun dibantu oleh 10 Days Challengenya mbak Ainhy. Jadi dari ikut challenge Setip saya bisa belajar konsisten dan tidak menunda. Meminjam dari quotesnya rekan WAG Kelas Ibu Profesional Batch 7 Mbak Tyas : Tundalah Menundamu.

Cara Ikut SETIP Challenge

Berikut Syarat gabung di SETIP Challenge, saya copy langsung dari sumber nya ya :

1. Share tentang SETIP di Social Media kamu yaitu IG, FB, Twitter atau media social lainnya yang kamu punya. Jika hanya punya salah satu tak apa, yang penting posting mengenai SETIP supaya lebih banyak orang yang bisa ikutan.

2. Share gambar SETIP serta syaratnya dan mention juga minimal 2 teman kamu yang belum bergabung di Grup FB Estrilook.

3. Follow akun Estrilook Community di Instagram. Like Fanpage Estrilook dan bergabung di Grup FB Estrilook Community

4. Posting mengenai SETIP di blog kamu dan alasan kenapa kamu mau ikut SETIP. Jangan lupa sertakan juga link estrilook.com di postinganmu, ya. 
5. Konsisten untuk ikut SETIP dan tak mundur di tengah jalan.

6. Jika ada yang tertinggal dalam event SETIP ini, boleh merapelnya.

7. Akan diberikan waktu hanya satu minggu ketika event SETIP selesai untuk mengejar ketertinggalan.

8. SETIP akan berlangsung selama 3 bulan, mulai Februari hingga April 2019. Tetap amanah dan tak banyak alasan ketika mengikuti event ini.

9. Jangan lupa setor link postingan kamu di grup FB Estrilook Community pada postingan yang telah disediakan oleh admin.

10. Postingan di blog masing-masing dan disetorkan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. 

Nah, gimana nih? Tertarik nggak untuk ikut challenge ini?

Website : https://estrilook.com/

Facebook : Estrilook Community

Instagram : Estrilookdotcom

Anggi,

Belajar Ngeblog

Stay at Home Mom, Love Poem Email : anggioctvn@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas