Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Kelas Ibu Profesional

NHW#6 – Belajar Menjadi Manajer Handal

Wah ternyata aku adalah seorang manajer! Batin saya saat masuk dalam Nice Homework 6 minggu ini. Peran yang tidak pernah saya sadari sejak menikah hingga memiliki anak. Bayangkan, seorang ibu rumah tangga harus standby 24/7 rasanya waktu tidaklah cukup dan habis bila digunakan dengan hal sia-sia. Untuk apa hidup bila digunakan dengan hal remeh yang tidak penting? (menampar diri sendiri…).

Sedikit mengulas materi NHW 6, ada beberapa hal yang dapat kita praktekkan sebagai seorang ibu dalam menghadapi tantangan baik di rumah atau di tempat kerja :

  • Put First Things First. Lakukan sesuatu yang utama menjadi yang pertama. Rencanakan kegiatan sesuai prioritas dengan mengaktifkan fitur gadget organizer misalnya.
  • One Bite At a Time. Tidak menunda pekerjaan.
  • Delegating. Tidak semua pekerjaan harus diselesaikan dalam satu waktu. Kita boleh mendelegasikan pekerjaan yang bisa didelegasikan tapi harus dalam pengawasan kita sebagai seorang manajer rumah tangga. Contoh nih memanggil mbak setrika kalau nggak sempat menyetrika ๐Ÿ™‚

Ada tahapan-tahapan khusus untuk kita sebagai ibu rumah tangga dalam menjalani rutinitas tiada henti. Menjalani pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita “merasa sibuk” sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri. Berikut tahapan-tahapannya :

Membagi 3 aktivitas penting dan 3 aktivitas tidak penting

Aktivitas yang penting (berhubungan dengan aktivitas dinamis) :

  • Kegiatan beribadah
  • Mendidik anak
  • Membekali diri dengan ilmu orangtua dan ilmu kepenulisan

Aktivitas tidak penting

  • Scroll sosial media
  • Browsing online shop
  • Menonton drama atau film

Selama ini waktu dihabiskan di aktivitas mana ?

Haduh, ngaku deh ya kalau memang kebanyakan waktu dihabiskan untuk aktivitas yang tidak penting ๐Ÿ˜€ Kebanyakan buka sosial media dan online shopping, niatnya 5 menit malah jadi molor 1 jam. Terus nonton drama korea, lalu buka sosial media lagi buat cari nama dan debut para pemainnya. Ternyata kegiatan tidak penting ini sudah dilakukan sejak awal menikah ๐Ÿ˜€ maafkan aku, Pak Suami !

Kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan โ€œkandang waktuโ€, dan patuhi cut off time

Aktivitas rutin yang seharusnya dilakukan dalam urusan domestik antara lain menyiapkan makan, bersih-bersih rumah, cuci baju, setrika baju, dan cuci piring. Kandang waktu untuk kegiatan saya kumpulkan di jam 05.00-09.00.

Membuat Jadwal Harian

Jadwal Harian Bu Manajer Anggi :

Jadwal di atas bersifat fleksibel dalam artian tidak mengubah jam aktivitas tapi ada kegiatan yang dapat berubah misal belanja ke pasar. Saya biasanya pergi ke pasar sore hari setelah suami pulang kerja, jadi bisa dimasukkan di jam 5 sore.

Bismillah semoga Allah mampukan saya dalam menjalani aktivitas rutin dan dinamis ini sebagai ibu rumah tangga. Biar hidup nggak kalah sama The Sims. Ingat permainan The Sims nggak? Permainan virtual tentang kehidupan, bahkan permainan ini ter-setting dengan baik mulai dari bangun pagi sampai mau tidur bahkan ada jam upgrade skill dan kalau nggak dijalankan sesuai jadwal, orang dalam game-nya bisa marah-marah dan bad mood ๐Ÿ˜€ Masak ya kalah toh sama game ๐Ÿ™‚

The Sims yang selalu upgrade skil dimanapun ia berada

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

QS Al-โ€˜Ashr/103:1-3

Anggi

Stay at Home Mom, Love Poem Email : anggioctvn@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas