Menulis Itu…

Keyboard dan layar telah lama menjadi teman dalam diamku. Menanti omong kosongku.

Banyak hal yang tak mampu diungkapkan namun dapat dirangkai dalam kata lalu menyulap sebuah karya. Jari dan tuts menari beradu dengan rentetan imaji yang melayang jauh. Menulis, rekam ingatan bukan hanya kenangan gambar tanpa suara. Menulis mengabadikan waktu. Ketika setiap pagi menyeka ingatan tentang hari ini, tentang waktu lalu. Melodi bersama senja dan secangkir kopi. Duduk singgah dalam aromanya yang tak bertepi. Dalam jingga yang selalu diagungkan oleh penikmat malam. Ketika jenuh mencapai kulminasi, menulis mampu membuatku kembali.

Menulis, maka di sini aku menemukan diriku apa adanya. Saat sulitnya membuat mereka mengerti. Saat sekuat tenaga membisikkan hal yang tak mampu kulagukan. Berbual-bual pada pikiran yang senantiasa bising, dalam telinga kiri kemudian telinga kanan. Menulis, ia teman dalam pekat dan pikat waktu. Ia tak jemu untuk mencumbu. Menulis, hal senantiasa bergandengan agar diri senantiasa hidup, agar diri senantiasa berarti.

Menulis, berharap memberi seribu keberkahan dan limpahan pengetahuan bagi sesiapa yang datang. Bukan sekedar mengingatkan, bukan sekedar menyesapi lorong-lorong terungku yang membuatnya menjadi abu. Bukan sekadar menyinyiri lalu ego yang kian meninggi. Bukan menghasut, lalu lari menjadi pengecut. Bukan sekedar menandingi. Memahami diri, memahami individu dalam untaian katanya. Menulis, kelak akan merengkuh kekuatannya sendiri.

Menulis adalah memahat peradaban.

Helvy Tiana Rosa

*Tulisan ini saya buat sebagai syarat salah satu tugas Kelas Menulis Online

4 Replies to “Menulis Itu…”

  1. Indahnya tulisan ini. Sangat memperlihatkan pribadi penulis yang cinta akan puisi. Saya pun demikian. Terimakasih mba Anggi😊😍

  2. menulis, cara menemukan diriku apa adanya.

    aku suka bagian ini. dan sangat setuju. karena menulis sebenarnya adalah ekspetasi bagaimana cerminan diri kita, baik dilihat dari sudut pandang kita sendiri maupun orang lain. Semangat Anggy…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.