Review : Poise Luminous White, Whitening Day Cream SPF 19

Sumber gambar : Journal Sociolla

Aku beli ini waktu liburan di Balikpapan akhir bulan Desember 2018 lalu di salah satu mall di Balikpapan. Jadi terhitung sudah hampir 5 bulan aku pakai day cream dari Poise ini. Waktu itu iklannya belum terlalu gencar dan tentunya belum masuk di Bontang. Aku tertarik karena packagingnya yang menarik dengan bunga warna pink cerah.

Packaging

Ada tiga produk yang diperkenalkan POISE, yaitu Whitening Day Cream SPF, Whitening Day Cream non-SPF, dan Facial Foam. Poise Whitening Day Cream ini sebenarnya ada 2 jenis kemasan, ada tube dan ada kemasan jar. Nah aku pilih kemasan tube karena menurutku dilihat dari kehigienisan dan kemasan tube gini lebih enak dibawa di pouch kosmetik daripada yang bentuk jar sedikit memakan tempat.

Desain Poise memikat hati dengan bunga Katsumadai warna pink bikin aku jatuh hati. Poise kemasan tube ukuran 40 gram ini dikemas dalam kotak kardus dilengkapi dengan ingredients, nama produksi dan label halal, serta review singkat tentang produk. Hal yang menarik hatiku adalah ada tracker untuk memantau peningkatan tone kulit, yang menurutku nggak perlu karena tone kulit tiap individu sangat berbeda. Nggak mungkin kan kulit asli sawo matang, terus mukanya jadi putih seperti kulit oriental?

Dalam kemasan juga tertulis “cantik itu putih cerah alami”. Aku juga nggak terlalu setuju dengan tagline “cantik itu putih cerah alami” yang diusung oleh Poise ini. Mungkin ini hanya bahasa marketing dengan iming-iming putih seperti menggeneralisir bahwa cantik itu putih ya. Padahal kulit orang Indonesia berbagai macam tonenya dan tidak bisa disamakan salah satu dengan yang lainnya.

Kandungan dan Klaim

Mengutip dari laman Journal Sociolla, Dewi selaku Junior Brand Manager POISE Indonesia mengatakan bahwa rangkaian POISE Luminous White mengandung natural ingredient yang baru pertama kali ada dalam produk whitening, yakni ekstrak biji Alpinia Katsumadai yang dapat mencegah dan menyamarkan noda hitam, sekaligus mencerahkan kulit hanya dalam waktu tujuh hari. So, dapat dikatakan bahwa ekstrak biji Alpinia Katsumadai inilah kandungan yang digadang oleh Poise. Keterangan ini juga tertera dalam kemasan kotak Poise day cream.

Aku belum banyak menemukan penjelasan tentang Alpinia Katsumadai ini. Penjelasan yang aku dapat adalah bahwa Alpinia katsumadai (Zingiberaceae) telah banyak digunakan dalam pengobatan Cina tradisional untuk mengobati berbagai kondisi seperti emesis dan gangguan lambung. Nah, ekstrak dari Alpinia Katsumadai ini juga ada diperjualbelikan dalam marketplace Alibaba, manfaatnya adalah membantu untuk memperbaiki warna kulit tidak merata. Ia mampu meminimalkan area bintik-bintik pigmen dan mencerahkan kulit dan dengan cepat membantu pencerahan kulit dan memberikan warna yang merata pada semua jenis kulit.

Alpinia Katsumadai, sumber : Line Today

Berikut ingredients lengkap dari Poise Whitening Day Cream :

Sumber : Codsna

Kandungan utama dari produk ini adalah air (water). Ekstrak biji Alpania tertera di urutan nomer empat yakni merupakan kandungan terbanyak dalam produk. Namun, bagi yang aware dengan paraben, sepertinya Poise Whitening Day Cream bukan pilihan yang tepat karena dalam ingredients ada kandungan propylparaben bahkan cukup tinggi.

Review Aku

Tekstur dari Poise Whitening Day Cream agak sedikit powdery, nggak encer, nggak terlalu creamy juga dan ketika dibaurkan di kulit cepat meresap. Ada sedikit tone up di wajah tapi nggak terlalu berlebihan karena ini emang bukan tone up cream. Day cream ini cocok di kulitku yang berminyak. Di set dengan bedak pun nggak bikin kilang minyak di kulitku.

Nah, sebenarnya aku juga agak sangsi dengan klaimnya yang mencerahkan kulit dalam waktu tujuh hari 😂 karena setelah memakai sekitar 4 bulan emang nggak ada pengaruhnya di kulitku. Efek menghilangkan noda hitam pun enggak. Mungkin hasilnya berbeda tiap orang ya. Ada review yang ngefek di kulitnya ada pula yang enggak.

Untuk wangi, aku suka banget sama wanginya! Kalau pernah pakai Garnier Sakura, nah mirip sama wangi Garnier Sakura. Nah wangi ini bisa jadi pertimbangan khusus untuk kamu yang kulitnya sensitif.

Sayangnya, Poise Cream ini belum ada night creamnya. Kalau nggak salah baca, Poise ini hanya mengeluarkan untuk day cream. Aku berharap ada night creamnya biar sepaket semuanya.

Kesimpulan

Beberapa pertimbangan khusus buat kamu yang pingin nyobain produk ini :

(+) harga murah, pake kembalian receh aja bisa 😄

(+) produk gampang ditemuin

(+) kemasan tube sangat handy dan travel friendly

(+) wanginya suka!

(-) di kulitku tidak ada efek mencerahkan

(-) nggak ada night cream khususnya

Sejujurnya aku suka banget produk ini sih, cuma minusnya nggak ada efek mencerahkan sama sekali di kulitku. Apa kulitku yang terlalu bandel hihi… Untuk repurchase sepertinya enggak karena aku mau cari cream lain untuk noda bekas jerawatku.

Ada yang udah nyoba Poise Whitening Day Cream SPF 19 ini? Gimana hasilnya? Share yah..

Anggi,

Salam Cantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.